Wednesday, February 2, 2011

(Upavasa) Puasa Orang Hindu

Kata puasa bisa jadi berasal dari Upavasa yaitu adalah bahasa hindi, di mana upa= dekat, vasa=tetap, artinya tetap dekat pada Tuhan.

Uniknya bahasa Inggris bunyinya juga mirip Upavasa ini, yaitu fast.


Seorang pedande Hindu di dekat tempat tinggal saya dulu juga puasa, malah ekstrim sampai nyambung pagi ke pagi begitu kalau tak salah. Disertai pantangan yang ia ceritakan ke saya.


Di India, puasa bagi kaum Hindu Ortodox hanya meliputi sebagian pantangan saja, selebihnya mereka boleh mengkonsumsi sebagian makanan tertentu. Mirip laku mutih di Jawa.




Belum lama ini sebuah berita menggemparkan, seorang pendeta Hindu India tidak makan dan minum selama puluhan tahun:


Kakek Ini tidak Makan-Minum Selama 70 Tahun!



Sebagian kaum muslimin mengira puasa di luar Islam hanya ada di Agama Nasrani terutama Katolik Ortodox. Puasa umat sebelum Islam malah lebih ekstrim selain tak makan minum juga mereka selama puasa tak boleh bicara, sebagai ganti komunikasi, mereka hanya pakai isyarat.


Di agama yahudi puasa dilakukan tanpa sahur, dan mereka berbuka pada tengah malam.


Apa artinya?


Menunjukkan: bahwa ayat di Quran (”sebagaimana orang-orang terdahulu sebelum kamu ” kutiba alaikumussyiam ..) mengacu bukan hanya ke Nasrani Yahudi tapi juga mungkin ke Hindu dan atau mungkin Budha (yang juga terkenal dengan vegannya).

Seand Munir

jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BBC.WEB.ID Powered by Blogger